Candi-Candi Kecil nan Indah di Sekitar Candi Prambanan

Kawasan Prambanan merupakan harta karun arkelogi bagi bangsa Indonesia. Di kawasan ini ditemukan banyak peninggalan masa lalu berupa candi baik candi Buddha maupun Hindu. Yang paling besar dan terkenal tentu saja Candi Prambanan yang merupakan komplek candi Hindu terbesar di Indonesia. Namun tak banyak orang tahu bahwa di sekitar candi ini terdapat banyak candi-candi lainnya. Walau tidak sebesar candi Prambanan, candi-candi ini memiliki kekhasan dan keunikan tersendiri yang menjadi nilai lebih dari candi tersebut.

Candi-candi tersebut antara lain: Candi Plosan, Candi Ijo, Candi Barong, Candi Sojiwan, dan Candi Banyunibo. Semuanya merupakan candi-candi yang dibangun oleh para lelur bangsa Indonesia sebagai bentuk terima kasih kapada alam dan sebagai tempat peribadatan. Dalam artikel ini kami akan mengulas secara singkan mengenai keunikan candi-candi tersebut yang bisa menjadi tanbahan informasi saat mencari paket tour murah di Jogja.

  1. Candi Plaosan

Candi Palosan terletak sekitar 1 kilometer di sebelah timur laut Candi Prambanan. Candi ini merupakan candi Buddha yang dibangun pada abad ke-9 oleh Raja Rakai Pikatan dan Sri Kahulunan dari Kerajaan Medang atau biasa dikenal dengan kerajaan Mataram Kuno. Candi ini terdiri dari 2 bagian yaitu Plaosan Lor dan Plaosan Kidul dan yang biasa dikunjungi oleh wisatawan adalah Candi Plaosan Lor.

Candi Plaosan Lor memiliki 2 candi utama. Candi yang terletak di sisi utara menggambarkan tokoh-tokoh wanita dan candi yang terletak disebelah selatan menggambarkan tokoh-tokoh pria. Disekeliling 2 candi ini terdapat candi-candi pendamping yang sebagaian masih uruh namun sebagian sudah runtuh. Keindahan candi ini tak diragukan lagi, banyak wisatawan lokal yang menghabiskan waktu mereka ke tempat ini. Banyak juga fotografer yang mengabadikannya dan menjadikan tempat ini sebagai tempat pre-wedding.

2. Candi Ijo

Candi ini dinamai sesuai dengan nama bukit yang menjadi lokasi candi ini yaitu Bukit Ijo. Lokasi candi ini berada 5 kilometer arah tenggara Candi Prambanan.  Candi Ijo merupakan candi dengan corak agama Hindu. Dibangun pada abad ke-10 hingga abad ke-11 pada masa kerajaan Medang. Terdapat beberapa buah candi dengan berbagai ukuran yang menurut perkiraan merupakan tempat pemujaan para dewa.

Karena candi ini berada di atas bukit maka pemandangan yang dari atas candi sangatlah indah. Lokasi ini merupakan tempat favorit bagi para wisatawan lokal untuk menikmati pemandangan disaat senja. Waktu terbaik di tempat ini adalah di saat sore hari, saat matahari terbenam di ufuk timur. Oleh karena itu candi ini sangat ramai di sore hari.

3. Candi Barong

Candi Barong sama seperti Candi Ijo, berada di tenggara Candi Prambanan. Candi bercorak agama Hindu ini diperkirakan dibangun pada abad ke-9 hingga abad-10 pada masa kerajaan Medang. Bangunan candi memiliki pintu masuk di sebalah barat lalu terdapat lahan berundak tiga. Di teras pertama dan kedua tidak terdapat bangunan, hanya berupa lahan kosong. Bagian teras tertinggi terdapat dua buah bangunan candi yang diperkirakan sebagai tempat pemujaan.

Dibandingkan dengan candi-candi lainnya, candi ini relatif tidak populer dan tidak ramai penggunjung. Walau begitu candi ini bisa menjadi alternatif objek wisata candi yang ada di kawasan Prambanan. Pemandangan di tempat ini juga sangat indah. Wisatawan bisa memandangi indahnya alam dari atas candi atau menikmati keindahan candi.

Demikan candi-candi yang yang ada di dekat Candi Prambanan. Candi-candi tersebut bisa menjadi alternatif wisata bagi para pecinta sejarah dan arkelogi yang sedang berwisata di Jogja. Masih banyak tempat wisata lainnya yang tentusaja tidak kalah menarik yang akan kami bahas dilain kesempatan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *